Friday, October 3, 2014

Cara Membangun dan Memperluas Jaringan Bisnis Anda

Bukan rahasia lagi bahwa memiliki banyak relasi bisnis adalah cara terbaik untuk meningkatkan penjualan dan memperluas bisnis usaha anda; potensial konsumen akan lebih nyaman bila berbisnis dengan orang yang mereka temui dan tahu secara pribadi.

Menambah referensi seperti melatih sebuah kemampuan; dibutuhkan komitmen dan latihan. Berikut langkah-langkah yang bisa anda pakai untuk memulai memperluas jaringan bisnis anda.

Meminta. Hal ini sudah jelas, tapi banyak orang malu dalam meminta referensi secara langsung dari konsumen mereka. Tentu saja ada cara-cara tertentu dalam meminta dimana hal ini bisa lebih efektif dari cara yang biasa dilakukan pada umumnya seperti meminta dengan spesifik.

Salah satu contohnya adalah daripada bertanya, “Siapa yang anda tahu yang kira-kira tertarik dengan servis saya?” lebih baik ajukan pertanyaan, “Siapa yang anda tahu yang kira-kira mempunyai hobi memasak seperti anda?”.

Pertanyaan yang spesifik akan membuat anda menuliskan nama di catatan anda dari konsumen anda dan ini juga akan membawa anda ke calon konsumen yang relevan, bukan asal menuliskan banyak nama tapi tidak tertarget.

Tolong orang lain. Anda mungkin kehilangan sebuah kesempatan untuk memposisikan anda disebuah sistem mutulisme (sama-sama untung).

Menghadiri sebuah kegiatan amal / bakti sosial di mana seorang teman atau sanak keluarga dilibatkan untuk menciptakan sebuah referensi baru.

Anda bisa menolong seseorang keluar dari masalahnya, berkontribusi, dan akhirnya bertemu prospek baru di saat sama.

Bangun sebuah hubungan dengan baik. Tentu saja anda ingin klien mempercayai anda. Tapi anda juga ingin agar mereka antusias selagi berbisnis dengan anda.

Bagaimana caranya?

Cari tahu kegemaran / hobi konsumen klien anda dan pakai itu ketika berinteraksi dengan mereka. Anda akan dapat menambahkan “personal touch” / pertanyaan-pertanyaan pribadi tentang keluarganya untuk mendapatkan transaksi bisnis, di mana hal ini juga dapat membuat konsumen anda terkesan, sehingga mereka akan membicarakan hal ini kepada teman-teman mereka.

Selalu bersikap professional, sopan, dan peduli. Ingatlah semua orang selalu peduli dengan dirinya sendiri.

Tetapkan tujuan yang lebih baik untuk diri anda sendiri. Buatlah hal di atas menjadi bagian dari kegiatan anda sehari-hari dalam meminta referensi baru. Selalu lacak berapa banyak tiap harinya anda bertanya sehingga anda akan merasa lebih nyaman ketika mencari referensi / jaringan yang baru. Tantang diri anda dengan meningkatkan angka tersebut dan atur tujuan anda yang baru.

Kirimkan sebuah kartu ucapan. Hal ini mungkin sederhana, tapi bila anda melakukannya dengan benar, hal ini akan terlihat menonjol daripada yang lainnya dan tentunya akan mengarahkan ke referensi yang baru.

Ingat kebanyakan orang juga meletakkan kartu-kartu yang mereka miliki untuk dipamerkan, dimana para peserta pesta dan anggota keluarga juga akan melihatnya.

Jadi sempatkan waktu beberapa saat untuk membuat kartu yang unik tapi bisa menarik perhatian dan kirimkan diawal sehingga kartu anda bisa terlihat ketika dipamerkan.

Berikan hadiah. Ketika seorang konsumen anda memberikan anda sebuah referensi, biarkan mereka tahu bagaimana anda menghargainnya.

Sebuah catatan yang dibuat oleh tulisan tangan melalui pos sangatlah bagus di zaman email, teks, atau "video chat" seperti sekarang ini.

Lebih jauh, jangan ragu untuk berkretivitas. Contohnya, tidak peduli apakah konsumen anda memberi referensinya, kirim konsumen sebuah voucher belanja misalnya, sebagai rasa terima kasih.

Karena hal ini menunjukkan bahwa anda benar-benar tulus dan bersyukur. Mereka tidak akan berpikir dua kali untuk mereferensikan anda kepada teman-temannya, lagi dan lagi.

Apalagi cara-cara yang sering anda pakai untuk mendapatkan referensi? Saya ingin sekali mendengarnya dari anda.

No comments:

Post a Comment