Tuesday, October 14, 2014

Membangun Jaringan Usaha Bisnis Anda Menggunakan Komunitas

Membangun jaringan usaha bisnis itu tidaklah mudah tapi kita semua tahu bahwa jaringan yang anda miliki adalah sebuah bagian yang tidak terpisahkan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Menggunakan komunitas adalah salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan relasi dan membangun sebuah hubungan yang berkenaan dengan bisnis anda.

Sebagai contoh, jika anda menjual buku, cara yang masuk akal untuk berjualan adalah bergabung dengan komunitas pencinta buku. Tujuannya adalah untuk mengetahui pemikiran / minat mereka, membangun hubungan dengan mereka, dan akhirnya hal ini dapat meningkatkan penjualan anda. Nah berikut ini beberapa ide yang bisa anda coba untuk memperluas jaringan baru melalui komunitas.

Komunitas pencinta buku. Jika anda suka baca buku, mencari sebuah komunitas pencinta buku akan menjadi mudah dan menyenangkan. Anda akan berinteraksi dengan orang-orang yang di mana mempunyai hobi yang sama dengan anda dan hal ini akan mempermudah anda untuk masuk ke dalam komunitas tersebut. Biasanya komunitas seperti ini mengadakan acara ketemuan sekali atau dua kali dalam sebulan.

Komunitas olahraga. Apakah anda suka jogging, yoga, berenang, fitnes? Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti ada yang namanya stres, jadi ada baiknya anda mengurangi stres dengan melakukan kegiatan fisik. Cara apa yang lebih baik dari ini? Selagi berolahraga, anda bisa mengobrol tentang sebuah bisnis dan memperluas jaringan anda secara bersamaan.

Komunitas arisan atau kelompok bermain. Jika anda adalah seorang orang tua yang memiliki anak kecil, hal ini akan memberikan keuntungan bagi anda. Sebagai contoh, jika anda adalah seorang ibu rumah tangga, anda akan dikelilingi oleh ibu-ibu yang mempunyai situasi yang sama dengan anda. Ini adalah cara yang efektif untuk belajar tentang apa yang menjadi ketertarikan mereka dan berbagi minat / bisnis anda kepada mereka.

Apapun jenis klub yang anda pilih untuk melebarkan jaringan dan bisnis anda, sangatlah penting untuk anda menikmati prosesnya. Antusias anda untuk aktifitas tersebut akan mendorong orang lain untuk mengenal anda lebih jauh. Selain anda mendapatkan teman baru, hal ini juga bisa membantu anda membangun bisnis anda.

Bergabung dengan komunitas di atas tidak hanya membawa anda untuk membangun sebuah hubungan yang baru, tapi hal ini membuat anda dan bisnis anda diterima di dalam komunitas tersebut. Apa cara  yang anda gunakan ketika bergabung dengan beberapa komunitas untuk melebarkan bisnis anda? Bagikan dengan kami semua dengan cara menulis komentar di bawah ini.

No comments:

Post a Comment